Fenomena alamiah, bahwa setiap tahun target terus meningkat. Salesman
dibuat bingung dan resah. Sebetulnya adalah suatu hal yang wajar, semua
pelaku bisnis akan melakukan tindakan ini. Salesman yang tidak siap ,
selalu fokus pada alasan yang perlu disampaikannya. Biaya berganti tahun
terus meningkat, termasuk kebutuhan hidup dan gaji karyawan. Target
penjualan adalah solusi untuk bisa menyelesaikan masalah ini. Tak perlu
dipertanyakan lagi bila terjadi peningkatan target setiap pergantian
tahun.
Fokuslah pada apa yang bisa menghasilkan peningkatan omzet penjualan.
Bukan terus melakukan hal yang sama, menawarkan barang pada pelanggan.
Berapa jumlah peningkatan yang dapat dihasilkan dari seorang salesman?
Tak banyak, kadang konsumen membeli karena ingin mencoba. Tak ada orang
yang membeli banyak dengan mencoba. Oleh karena itu fokuslah pada faktor
yang mampu secara konsisten meningkatkan penjualan anda. Faktor
tersebut adalah :
1. Galilah kemampuan pelanggan untuk mengambil lebih.
Kadang kala kemampuan pelanggan dalam membeli dan kapasitas
penggunaan produknya kurang dianalisa oleh salesman. Mereka kebanyakan
meminta order yang pernah terjadi transaksi sebelumnya. Kurang berusaha
untuk memberikan pertimbangan yang menguntungkan pelanggan dengan
mengambil lebih. Salesman dengan performance sales yang baik, selalu
fokus pada kemampuan pelanggan.
2. Menambah Jumlah Pelanggan Baru
Banyak dari tenaga penjual setelah mencapai penjualan
tertentu, ia lebih banyak fokus pada pelanggan lamanya. Mereka telah
berada pada zona nyaman dengan komisi atau incentive penjualannya. Ada
juga sebagian yang mengalami kesulitan untuk menambah customer baru
karena khawatir pelayanan yang diberikan kepada pelanggan berkurang.
Berbagilah agar kita dapat fokus dalam mencari pelanggan baru sehingga
kita bisa capai target kita. Perhatikan salesman high achiever mereka
tidak bekerja sendiri, ada yang membantu, mereka menciptakan team kerja
yang baik dalam meningkatkan penjualannya.
3. Kreatif untuk menciptakan Pelanggan Baru.
Berpikirlah menjadi kreatif dalam menciptakan pelanggan
baru. Bila kini anda menawarkan produk pada toko yang akan dijual
kembali maka carilah alternative lainnya. Coba buka peluang untuk
menawarkan produk pada proyek, Industri atau end user pengguna produk
anda. Gunakan saluran penawaran anda dengan jalur yang berbeda. Gunakan
fasilitas internet dalam membuat penawaran atas produk anda.
4. Menjaga Konsistensi Pengambilan Pelanggan dan Mendengarkan Keluhannya.
Ada sebagian salesman memiliki omzet penjualan yang
cenderung tetap. Ia berusaha keras bekerja untuk mendapatkan order
tetapi pencapaiannya tak bergerak signifikan. Ia lupa melakukan analisa
atas setiap pengambilan yang dilakukan oleh pelanggannya. Pelanggan yang
tak mengambil rutin juga tak pernah dilakukan follow up, dan mencari
penyebab mengapa pelanggan tidak melakukan pengambilan rutin. Coba
dengarkan setiap keluhan pelanggan dan lakukan upaya untuk
memperbaikinya bersama team anda. Lihatlah penjualan anda meningkat
dengan sendirinya secara signifikan.
5. Menambah variasi item yang ditawarkan.
Menambah variasi item yang dijual dan menawarkan kepada
pelanggan, mampu meningkatkan peluang penjualan bertambah. Lakukan
analisa dan cari informasi tentang kebutuhan pelanggan. sampaikan hasil
analisa anda dan team pada pihak manajemen untuk dapat ditindak lanjuti.
Item baru ditambahkan, berarti penjualan anda juga memiliki peluang
naik. Target naik memang seharusnya demikian, kita fokus pada upaya
peningkatan penjualan.
6. Memberikan Pelayanan yang Tepat dan Memuaskan
Kunci kepuasan pelanggan adalah kemampuan team dalam
memberikan pelayanan kepada pelanggan bukan pada transaksi penjualannya.
Melakukan pengukuran atas kunci utama dalam memuaskan pelanggan mampu
melakukan identifikasi atas sumber perbaikan pelayanan. Kecepatan
pelayanan yang diukur melalui leadtime pemenuhan order penjualan adalah
salah satu tujuan warehouse management. warehouse management juga
mengatur ketepatan pengiriman melalui sehingga tidak terjadi salah salah
kirim barang. Warehouse management yang baik juga menjamin akurasi
stock barang dimana perlu dilakukan pengukuran melalui jumlah selisih
item dan total selisih. Perbaikan atas Komponen-komponen pengukuran ini
mampu memuaskan pelanggan. kepuasan pelanggan berarti repeat order
penjualan dan meningkatkan kepercayaan untuk terjadinya peningkatan
pencapaian penjualan.
Warehouse Management Consultant menyampaikan,
" Selamat lakukan analisa untuk peningkatan kinerja penjualan anda. "
Berbagi untuk bermanfaat, salam sukses selalu
Management PT.E-Talenta
Support By Advisor Reksa Boeana, S.Psi
Link :